Gawi: Journal of Action Research
Vol. 4 No. 1 (2024)

Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Dalam Mengenal Huruf Melalui Kombinasi Model Problem Based Learning, Metode Bercerita, dan Media Kartu Bergambar

Mubasysyiroh, Mubasysyiroh (Unknown)
Novitawati , Novitawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan bahasa anak khususnya dalam mengenal huruf menggunakan kombinasi model probelm based learning, metode bercerita, dan kartu bergambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan pada anak kelompok B2 TK Islam Khadijah Plus Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan kombinasi model probelm based learning, metode bercerita, dan kartu bergambar meningkatkan aktivitas guru hingga mencapai 96% atau "Sangat Baik", aktivitas anak mencapai 90% atau "Seluruh Anak Aktif" dan hasil perkembangan kemampuan bahasa anak mencapai 90% atau “Berkembang Sangat Baik (BSB. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas anak, dan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf melalui kombinasi model Problem Based sebagai bahan masukan dalam memperbaiki pembelajaran pada anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...