Gawi: Journal of Action Research
Vol. 4 No. 2 (2024)

Meningkatkan Mengembangkan Motorik Halus Menggunakan Model Project Based Learning, Direct Instruction dan Media Puzzle pada Anak Usia Dini

Asyifa, Mutia Datin Nur (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Permasalahan yang mendasari penelitian ini yaitu kurang optimalnya kemampuan motorik halus anak seperti menggunting tidak sesuai pola dan menempel belum tepat. Hal itu karena kurang nya memberi kesempatan pada anak untuk melakukan kegiatan sendiri, kurang nya menstimulus gerakan jari. Sehingga perkembangan motorik halus anak belum berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak usia dini menggunakan model project based learning, direct instruction dan media puzzle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan cross tabulasi dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 kali pertemuan. Setting penelitian pada anak kelompok B TK Islam Khadijah plus dengan total anak 19 (6 anak laki-laki dan 13 anak perempuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke-4 mencapai indikator keberhasilan dengan kategori Sangat Baik. Aktivitas anak pada pertemuan ke-4 mencapai kategori Sangat Aktif serta hasil perkembangan anak pada pertemuan ke-4 mencapai persentase 100% dengan kategori Berkembang Sangat Baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...