Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya perkembangan motorik kasar yang diberikan kepada anak terutama dalam gerakan keseimbangan serta pembelajaran yang kurang bervariasi. Mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan Model Direct Instruction Melalui Media Ultrabet Ketan (Ular Tangga Alphabet Keseimbangan dan Kekuatan). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kemampuan anak dalam meningkat keseimbangan motorik kasar anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan. Setting adalah kelompok B TK Harapan Bersama Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 12 anak.Teknik pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data yaitu deskriftif kualitatif dari hasil lembar observasi. Hasil penelitian pada pertemuan 4 sudah mencapai indikator keberhasilan aktivitas guru yaitu dengan skor 30 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak dengan persentase 100% kriteria “Sangat Aktif”. Hasil perkembangan kemampuan anak dengan persentase 100% kriteria “BSB”. Disarankan penggunaan model Direct Intruction dan media Ultrabet Ketan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, anak, dan meningkatkan hasil perkembangan keseimbangan motorik kasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023