Material knalpot seringkali terpapar pada kondisi ekstrem, seperti suhu tinggi dan lingkungan yang korosif. Oleh karena itu, permukaan material harus dipersiapkan dengan baik untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja. Sandblasting merupakan metode pembersihan atau persiapan permukaan material menggunakan partikel abrasif yang ditembakkan dengan tekanan tinggi melalui nozzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana pengaruh jarak sandblasting terhadap ketebalan lapisan coating serta laju korosi pada material knalpot motor. Metode eksperimen digunakan dengan variasi jarak sandblasting adalah 50 mm, 100 cm, dan 150 mm serta tekanan yang konstan. Menurut hasil penelitian, semakin dekat jarak sandblasting, semakin tebal lapisan coating yang dihasilkan. akibat tumbukan partikel abrasif. Pada penelitian ini nilai ketebalan coating tertinggi muncul pada variasi jarak 50 mm dengan nilai ketebalan coating sebesar 29.206 ?m dan nilai terendah muncul pada variasi jarak 150 mm dengan nilai ketebalan coating sebesar 12.051 ?m. Sedangkan nilai laju korosi nilai terendah mucul pada variasi 100 mm sebesar 0,00014234 mmpy.
Copyrights © 2025