Studi ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pengaruh eksposur digital terhadap persepsi konsumen dan performa bisnis di sektor FB lokal, yang responsif terhadap dinamika media sosial. Penelitian ini menganalisis sentimen publik terhadap Coffee shop X di platform TikTok, sehingga diperoleh gambaran hal positif dan negatif di Coffee shop X pada periode Januari–Maret 2025. Data komentar pada TikTok terhadap Coffee shop X dikumpulkan melalui web scraping dan tren pencarian diperoleh dari Google Trends. Analisis sentimen dilakukan menggunakan model IndoBERT, yang mengklasifikasikan komentar ke dalam kategori positif, netral, dan negatif, dengan validasi melalui 5-Fold Cross Validation. Hasil menunjukkan dominasi sentimen positif sebesar 48,5%, diikuti negatif 36,03%, dan netral 15,44%, dengan akurasi model tertinggi 85,71%. Terdapat fluktuasi pada pencarian melalui Google Trends, di mana terdapat kecenderungan peningkatan pencarian pada bulan Februari menuju bulan Maret 2025. Sentimen positif didominasi oleh kepuasan terhadap rasa minuman (63%). Sentimen negatif didominaasi dengan kritikan harga yang tinggi (72%). Sehingga diharapkan pada Coffee shop X dapat memperhatikan dan meninjau ulang harga yang ditawarkan untuk mengatasi sentimen negatif, Coffee shop X dapat menerapkan promosi diskon atau paket hemat serta meningkatkan konsistensi kualitas produk dan layanan. Temuan ini memberikan wawasan untuk pemasaran digital yang terarah guna memperkuat citra merek dan kepuasan pelanggan di sektor FB lokal.
Copyrights © 2025