Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 5 (2025)

Model Blended Learning pada Pendidikan Non Formal di Era Digital: Studi Literatur

Cahyani, Vio Lisna Putri (Unknown)
Arbarini, Mintarsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Pandemi covid-19 memaksa diterapkannya kebijakan social distancing yang berdampak pada peralihan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi online di semua jenjang pendidikan. Pembelajaran online dilakukan melalui berbagai platform digital seperti Google Classroom, Zoom, dan WhatsApp. Namun implementasi pembelajaran online menghadapi berbagai kendala seperti infrastruktur kurang memadai, rendahnya literasi digital, serta terbatasnya interaksi antara pendidik dan peserta didik. Pendidikan non formal juga mengalami kendala serupa ditambah dengan keterbatasan waktu belajar akibat tuntutan kerja. Sebagai solusi, model blended learning merupakan model pembelajaran yang tepat karena mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan online. Mengingat era digital dimana teknologi ikut andil dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Model blended learning juga tidak lepas dari integrasi berbagai teknologi. Blended learning dapat meningkatkan minat belajar dan kemandirian belajar peserta didik serta mendukung fleksibilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi, hambatan, tantangan, dan solusi blended learning di pendidikan non formal. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, data yang dikumpulkan berupa data sekunder melalui jurnal terindeks sinta dan jurnal internasional, kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data berupa metode analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa blended learning dapat diadaptasi di pendidikan non formal dengan memperhatikan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik. Meskipun tantangan seperti ketersediaan infrastruktur dan kesiapan pendidik maish perlu diatasi. Solusi yang dapat dilakukan meliputi penyediaan bahan ajar cetak dan pelatihan pengembangan media interaktif. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan strategi model pembelajaran yang lebih efektif khususnya pada pendidikan non formal. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...