Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 4 (2025)

Provus Discrepancy Evaluation Program Kampus Mengajar Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar

Safitri, Safitri (Unknown)
Akhbar, M. Taheri (Unknown)
Selegi, Susanti Faipri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kampus mengajar dan dampaknya terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan informan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Program Kampus Mengajar di SDN 01 OKU berjalan cukup baik sesuai dengan model evaluasi Provus yang dilakukan, mahasiswa juga aktif membantu proses pembelajaran. Tantangan utama dalam pelaksanaan program kampus mengajar meliputi keterbatasan sumber belajar, adaptasi guru, dan jumlah siswa yang besar. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi dan numerasi siswa meningkat, dan mahasiswa yang mengikuti program kampus mengajar akan mendapat pengalaman setara 20 SKS, namun sebagian siswa masih butuh bimbingan lanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...