Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat dukungan sosial teman sebaya yang dimiliki oleh siswa di SMA Pangudi Luhur St. Louis IX Sedayu, mengetahui seberapa tinggi tingkat motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa di SMA Pangudi Luhur St. Louis IX Sedayu, dan mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa di SMA Pangudi Luhur St. Louis IX Sedayu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional dengan subjek berjumlah 96 siswa dari kelas X di SMA Pangudi Luhur St. Louis IX Sedayu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner dengan menggunakan google form. Lalu, skala yang digunakan meliputi skala dukungan sosial teman sebaya (51 item; α = 0.967) dan skala motivasi belajar (31 item; α = 0.952). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi yakni 51%, tingkat motivasi belajar berada pada kategori tinggi yakni 47,9%, dan terdapat hubungan signifikan yang positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa yang ditunjukkan melalui nilai korelasi (r) yang diperoleh sebesar 0.454 dengan signifikansi (Sig. 2-tailed) yang diperoleh adalah 0,001.
Copyrights © 2025