Dalam artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang model evaluasi pendidikan nilai di sekolah atau madrasah sebagai sebuah tawaran model evaluasi komprehensif. Agar tujuan tersebut tercapai penulis menggunakan metode penelitian kajian pustaka (library research) dengan menggunakan bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku-buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pendidikan memiliki tujuan untuk memperoleh data pembuktian, yang akan menjadi petunjuk sampai di mana tingkat kemampuan dan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan. Evaluasi merupakan suatu proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai oleh peserta didik. Jika pembelajaran dianggap sebagai proses yang mengubah perilaku siswa, maka evaluasi menjadi hal yang sangat diperlukan dalam menilai keberhasilannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian pustaka (library research) dengan menggunakan bahan-bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku-buku dan jurnal yang relevan dengan sumber masalah dan langkah dalam penelitian pendidikan. Beberapa model evaluasi yang dipelajari diantara adalah; Discrepancy Model ( Kesenjangan) yaitu untuk menekankan perbedaan dalam pelaksanaan program; Model Evaluasi CIPP yaitu Context evaluation (penilaian tentang konteks), Input evaluation (penilaian tentang masukan), Process evaluation (penilaiaan tentang proses), dan Product evaluation (penilaian tentang hasil); Responsive Evaluation Model yaitu evaluasi dianggap sebagai upaya untuk menafsirkan atau menggambarkan kenyataan dari berbagai sudut pandang pihak yang terlibat, berkepentingan, atau memiliki minat; dan Formative Sumative Evaluation yaitu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta untuk menilai hasil pembelajaran di akhir periode.
Copyrights © 2025