Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 2 (2025)

Hakikat Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Serta Implikasinya dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Iksan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mendukung terwujudnya tujuan pendidikan berkualitas sebagaimana tercantum dalam Sustainable Development Goals (SDGs) poin keempat. Pendidikan Agama Islam diidentifikasi tidak hanya berfungsi sebagai sarana transfer pengetahuan (transfer of knowledge), tetapi juga sebagai media utama transfer nilai-nilai moral dan spiritual (transfer of value). Dengan pendekatan kolaboratif antara guru PAI dan guru mata pelajaran lain, nilai-nilai positif seperti keimanan, kejujuran, kepedulian sosial, dan cinta lingkungan dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran lintas disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi ini berkontribusi dalam membentuk karakter peserta didik yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan berkebhinekaan global. Implementasi strategi ini memperkuat peran PAI sebagai garda terdepan dalam pendidikan karakter di era globalisasi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya penguatan sinergi lintas mata pelajaran dan pengembangan model pembelajaran inovatif berbasis nilai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...