Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklim belajar dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi di kelas V SDN 225 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Informan kunci penelitian ini adalah Wali kelas V dan peserta didik kelas V SDN 225 Palembang. Data yang terkumpul kemudian dikaji dan dipresentasikan secara deskriptif kemudian dianalisis untuk meperoleh data yang akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim belajar di SDN 225 Palembang, yang meliputi suasana pembelajaran di kelas, hubungan antar peserta didik, aktivitas belajar mengajar, kondisi fisik ruang kelas, dan kedisiplinan peserta didik, memberikan kontribusi yang positif dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini tercermin dari hubungan yang baik antara guru dan peserta didik, ruang kelas yang memadai, adanya perhatian terhadap kebutuhan belajar masing – masing peserta didik. Namun demikian, guru juga menghadapi kendala, terutama dalam menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar masing – masing pesrta didik, mengingat jumalah peserta didik yang cukup banyak. Dengan demikian, meskipun iklim belajar sekolah mendukung, tetap diperlukan strategi yang tepat agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan dengan optimal.
Copyrights © 2025