Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan media lapbook dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V SD pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya tingkat literasi siswa Indonesia berdasarkan survei PISA 2022 dengan skor 373, serta hasil observasi awal yang menemukan hanya 40% siswa kelas V SD mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPAS. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis McTaggart yang terdiri dari 2 siklus, melibatkan 29 siswa kelas V SDN Pakis V Surabaya sebagai subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan literasi siswa setelah penerapan media lapbook, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 40% pada pra-siklus menjadi 65,5% pada siklus I dan 86,2% pada siklus II. Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 64,5 menjadi 72,3 pada siklus I dan 80,7 pada siklus II. Aspek literasi yang paling berkembang meliputi pemahaman konsep IPAS, kemampuan menulis, dan kemampuan presentasi. Penelitian ini membuktikan bahwa lapbook merupakan media pembelajaran efektif yang mendorong konstruksi pengetahuan, kemampuan abad 21, dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran kreatif di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025