Pendidikan nilai merupakan aspek fundamental dalam sistem pendidikan Islam yang bertujuan membentuk individu yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan bermoralitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan konsep pendidikan nilai menurut KH. Ahmad Dahlan dan Syekh Az-Zarnuji serta relevansinya dalam pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui studi pustaka terhadap berbagai literatur yang membahas pemikiran kedua tokoh tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KH. Ahmad Dahlan menekankan pendidikan yang tetap berlandaskan iman namun tetap mengikuti perkembangan zaman, berbasis dakwah, serta menanamkan nilai-nilai sosial, sedangkan Syekh Az-Zarnuji lebih menekankan pembentukan akhlak serta moral (murid menghormati guru) dan bagaimana cara mengimplementasikannya. Pemikiran dari kedua tokoh ini tetap relevan dalam sistem pendidikan saat ini dan dapat diterapkan untuk menciptakan metode pendidikan yang tidak hanya mencetak individu cerdas secara akademik, akan tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan etika yang luhur.
Copyrights © 2025