Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran multimedia berbasis video terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain kuasi-eksperimental yang melibatkan dua kelas siswa kelas tujuh di SMPN 52 Bengkulu Utara pada tahun ajaran 2024/2025. Satu kelas ditetapkan sebagai kelompok eksperimen, yang menerima pembelajaran melalui multimedia berbasis video edukasi, sedangkan kelompok kontrol diajarkan menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir untuk menilai pemahaman kosakata sebelum dan sesudah perlakuan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia berbasis video edukasi dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini mendukung integrasi multimedia dalam pengajaran bahasa Inggris dan menyoroti potensinya untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan interaktif.
Copyrights © 2025