Penguasaan kosakata merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, namun masih menjadi tantangan bagi siswa Madrasah Tsanawiyah, terutama karena metode pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Wordscapes terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VII di MTs Al-Um Islamic Boarding School, Kabupaten Bengkulu Utara, tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, yang melibatkan dua kelas: kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan aplikasi Wordscapes dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Instrumen penelitian adalah tes kosakata (pre-test dan post-test) sebanyak 26 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Perlakuan diberikan selama empat kali pertemuan dengan durasi masing-masing 45 menit. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor post-test pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kedua kelompok, dimana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi wordscapes berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa.
Copyrights © 2025