Pandemi Covid-19 telah berdampak pada sistem pembelajaran di perguruan tinggi, yaitu perubahan metode pembelajaran dari konvensional menjadi sistem online jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan model pembelajaran online dan permasalahan penggunaan media online di STIS Tual. Metode penelitian yang digunakan kualitaif deskriptif pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Informan penelitian sebanyak 13 orang yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dokumentasi, serta materi audio dan visual. Tahapan analisis data yang digunakan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan proses belajar di STIS Tual mengalami perubahan dari media konvensional (tatap muka langsung) menjadi metode online atau dalam jaringan (daring). Selain itu, penggunaan menggunakan beberapa media untuk pembelajaran online (e-learning) selama masa pandemi telah memudahkan proses pembelajaran meskipun metode online ini memiliki beberapa persoalan belum memadainya perangkat elektronik, kesulitan mengakses jaringan internet, dan keterlambatan adaptasi padamedia pembelajaran baru. Disarankan perlu adanya regulasi dan pedoman terkait pembelajaran online serta membangun kerjasama antar stakeholders untuk sosialisasi penggunaan media online serta mengadopsi flatform khusus untuk mendukung pembelajaran.
Copyrights © 2025