Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 3 No. 5 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Mei 2025

Analisis Kualitatif Pembelajaran Melalui Media Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di Lingkup STIS Tual

Belekubun, Susilawati (Unknown)
Betaubun, Restu Monika Nia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2025

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada sistem pembelajaran di perguruan tinggi, yaitu perubahan metode pembelajaran dari konvensional menjadi sistem online jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan model pembelajaran online dan permasalahan penggunaan media online di STIS Tual. Metode penelitian yang digunakan kualitaif deskriptif pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Informan penelitian sebanyak 13 orang yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dokumentasi, serta materi audio dan visual. Tahapan analisis data yang digunakan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan proses belajar di STIS Tual mengalami perubahan dari media konvensional (tatap muka langsung) menjadi metode online atau dalam jaringan (daring). Selain itu, penggunaan menggunakan beberapa media untuk pembelajaran online (e-learning) selama masa pandemi telah memudahkan proses pembelajaran meskipun metode online ini memiliki beberapa persoalan belum memadainya perangkat elektronik, kesulitan mengakses jaringan internet, dan keterlambatan adaptasi padamedia pembelajaran baru. Disarankan perlu adanya regulasi dan pedoman terkait pembelajaran online serta membangun kerjasama antar stakeholders untuk sosialisasi penggunaan media online serta mengadopsi flatform khusus untuk mendukung pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...