Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 3 No. 7 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Juli 2025

Metodologi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Literatur Dalam Konteks Pendidikan

Annasthasya, Dellia (Unknown)
Alfindoria, Isnaeni (Unknown)
Rahayu, Suciati (Unknown)
Khair, Oki Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metodologi penelitian kualitatif dalam konteks pendidikan melalui pendekatan studi literatur. Penelitian kualitatif memegang peranan penting dalam mengungkap realitas sosial yang kompleks dan dinamis, terutama dalam dunia pendidikan yang penuh dengan interaksi, nilai, budaya, dan subjektivitas. Studi ini mengkaji berbagai pendekatan dalam penelitian kualitatif, seperti studi kasus, etnografi, fenomenologi, dan grounded theory, yang sering digunakan dalam kajian pendidikan. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa pendekatan kualitatif mampu menangkap makna dan pemahaman mendalam tentang pengalaman siswa, guru, dan proses pembelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya pemilihan metode yang sesuai dengan tujuan penelitian serta pentingnya integritas peneliti dalam menjalankan proses penelitian. Studi ini diharapkan dapat menjadi referensi metodologis bagi para peneliti pendidikan dalam merancang dan melaksanakan penelitian kualitatif secara sistematis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...