Lingue : Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra
Vol. 4 No. 2 (2022): Linguistic Studies

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (MUFRODAT) DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR (APPLICATION OF ARABIC VOCABULARY LEARNING (MUFRODAT) AT MODERN PONDOK DARUSSALAM GONTOR)

Fitriani, Ismatul Hidayah (Unknown)
Hilmi, Annafik Fuad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2023

Abstract

ABSTRACTThis study aims to describe how the application of learning Arabic vocabulary with several methods as well as evaluating the learning methods implemented. This type of research is descriptive qualitative with observation and documentation techniques. At the observation stage, the author observed the activities of the management of the language section of the Modern Gontor Islamic Boarding School in implementing the Arabic language program. The object under study is in the form of several methods that are taught to apply learning such as Ilqo mufrodat, Muhadatsah, Insya', and ghina' Araby. In its application several methods have shown significantly increased results. Especially active speaking skills. As for the evaluation, the cooperation between teachers and administrators of the language section is passive, so that the majority still underestimate teaching this language..Keywords: Vocabulary, Method, Arabic.ABSTRAK            Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran kosakata bahasa arab dengan beberapa metode serta evaluasi tentang metode pembelajaran yang dilaksanakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Pada tahap observasi, penulis mengobservasi kegiatan pengurus bagian kebahasaan pondok pesantren modern gontor dalam menerapkan program bahasa Arab. Adapun ini objek yang diteliti berupa beberapa metode yang diajarkan untuk menerapkan pembelajaran seperti Ilqo mufrodat, Muhadatsah, Insya’, dan ghina’ Araby. Dalam penerapannya beberapa metode telah menujukkan hasil meningkat secara signifikan. Terutama keterampilan berbicara yang aktif. Adapun evaluasinya kerjasama antar pengajar dan pengurus bagian bahasa yang pasif, sehingga mayoritas masih memandang remeh pengajaran bahasa ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lingue

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lingue merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mulai tahun 2019. Jurnal ini memuat tulisan ilmiah berupa hasil penelitian atau gagasan konseptual tentang kajian kebahasaan, kebudayaan, dan sastra. Penulis dalam jurnal ini ...