Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Lokasi penelitian di SMP Kristen Waibakul, Subjek penelitian seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil analisis kegiatan prasiklus, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif sebesar 60,25 dengan persentase 35%. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,5, dengan persentase 45%. Selanjutnya pada siklus 2 nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 70,25 dengan persentase 75%. Hasil analisis belajar peserta didik afektif pada siklus 1 diperoleh peserta didik yang nilai tinggi sebesar 66,6%,sedang 33,4%. Selanjutnya pada siklus 2 mengalami peningkatan diperoleh peserta didik yang tinggi sebesar 83,3%, sedang 16,7%. Berdasarkan hasil analisis setiap siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media komik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dan afektif.
Copyrights © 2025