PENDIPA Journal of Science Education
Vol 9 No 2 (2025): June

Pengembangan LKPD Berbasis Model SSCS (Search, Solve, Create, And Share) Materi Pemisahan Campuran Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP

Anggraeni, Titi Dewi (Unknown)
El Islami, R. Ahmad Zaky (Unknown)
Nestiadi, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mencari tahu tingkat validitas dan respon siswa terhadap bahan ajar LKPD berbasis model SSCS untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Digunakan model pengembangan 4-D dengan tahapan define, design, develop, disseminate. Metode yang peneliti pakai ialah metode Research and Development (R&D) dengan instrumen berupa angket wawancara, angket respon siswa, dan angket validasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil persentase validasi bahan ajar LKPD yang diperoleh dari validator ahli materi 90,20% (sangat valid), validator ahli bahan ajar 87,70% (sangat valid), validator ahli praktisi 90,97% (sangat valid). Hasil dari tingkat respon siswa menunjukkan nilai persentase dengan rata-rata 86,07% (sangat valid). Melalui temuan tersebut dapat ditarik simpulan bahwa LKPD berbasis model SSCS materi pemisahan campuran dapat siswa gunakan pada kegiatan pembelajaran IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...