Penelitian ini merupakan research and development menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahapan, yaitu, analisis, desain, dan pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media yang dibutuhkan guru dan peserta didik dalam menyampaikan dan menerima informasi serta menguji validitas media yang telah dikembangkan serta kepraktisan penggunaan produk yang dikembangkan. Produk yang dikembangkan merupakan media informasi mading digital berbasis QR Code yang terintegrasi dengan website. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan media termasuk dalam kategori sangat lanyak dengan persentase 85%, sedangkan hasil validasi oleh ahli konten dan bahasa dengan kategori sangat lanyak dengan persentase 89%. Rekapitulasi hasil angket pengguna media menunjukkan bahwa media sangat lanyak untuk digunakan baik menurut guru dengan persentase 92,59% maupun peserta didik dengan persentase 89%. Produk pengembangan ini melengkapi literatur yang sudah ada tentang integrasi teknologi terutama pada digitalisasi Pendidikan di sekolah dasar sebagai alternatif strategi dalam peningkatan literasi yang berbasis teknologi.
Copyrights © 2025