Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 4 (2025): April

Dampak Platform Metaverse ZEP Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran

RAHMAN, ABDUL (Unknown)
Dewi, Lazaro Kumala (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran tradisional seringkali kurang mampu melibatkan siswa generasi digital secara optimal, sehingga menurunkan minat dan partisipasi mereka. Kondisi ini menyoroti urgensi adopsi platform pembelajaran yang lebih interaktif dan imersif di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mensintesis temuan-temuan riset yang telah ada terkait dampak penggunaan platform metaverse ZEP terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur, pencarian literatur dilakukan pada basis data Google Scholar menggunakan kata kunci spesifik, diikuti seleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metaverse ZEP secara konsisten memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa. Implikasi dari temuan ini adalah ZEP memiliki potensi besar sebagai media pedagogis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan bermakna. Namun, implementasi yang sukses memerlukan perhatian serius pada ketersediaan infrastruktur digital yang memadai serta pengembangan literasi digital bagi guru dan siswa. Penelitian lebih lanjut yang berfokus pada konteks pendidikan dasar di Indonesia sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan pemanfaatan metaverse ZEP.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...