Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 3 (2025): Januari

Pengaruh Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SDN 121 Salaonro Kabupaten Soppeng

Rosmalah, Rosmalah (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Alihari, Sri Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh implementasi projek penguatan profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap pembentukan karakter siswa kelas IV SDN 121 Salaonro Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN 121 Salaonro Kabupaten Soppeng. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 121 Salaonro Kabupaten Soppeng yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai (Sig). <0,001 < 0,05 dan nilai  sebesar 4,435 dan  sebesar 1,68488. Hal ini berarti >  sehingga  ditolak dan  diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan karakter siswa sebelum dan sesudah implementasi P5. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh implementasi P5 terhadap pembentukan karakter siswa kelas IV SDN 121 Salaonro Kabupaten Soppeng 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...