Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil dan prestasi belajar IPAS siswa kelas tinggi, serta mengetahui hubungan yang signifikan antara keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil dengan prestasi belajar IPAS siswa kelas tinggi SD Inpres 4/82 Melle Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI SD Inpres 4/82 Melle yang berjumlah 35 siswa, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil berada pada kategori sedang (62,86%), sementara itu, prestasi belajar IPAS siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 85,24%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan signifikan antara keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil dengan prestasi belajar IPAS siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,626 yang termasuk dalam kategori kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil dengan prestasi belajar IPAS siswa kelas tinggi SD Inpres 4/82 Melle Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.
Copyrights © 2025