Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 15 No. 01 (2026): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (April 2026)

PENGEMBANGAN JOBSHEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM TRAINING KIT BASIC MOTOR STARTER PACKS, DOL, AND SPEED DRIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Wibisono, Herlambang Danu (Unknown)
Joko, Joko (Unknown)
Rijanto, Tri (Unknown)
Fransisca, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menghasilkan Media Pembelajaran jobsheet yang layak, untuk menyelesaikan masalah kurangnya media pembelajaran jobsheet pada elemen pembelajaran Instalasi Motor Listrik terutama pada Training Kit Basic Motor Starter Packs, Dol, And Speed Drive. Penelitian ini menggunakan pengembangan ADDIE dengan model R&D (Research & Development). Untuk validitas penelitian yaitu uji validasi materi dan uji validasi media jobsheet. Untuk uji validasi materi mendapatkan nilai sebesar 82,46% dan untuk uji validasi media mendapatkan nilai sebesar 81,38%, mendapatkan rata-rata sebesar 81,92% pada kategori sangat valid. Untuk selanjutnya hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari tanggapan peserta didik dan guru SMK Semen Gresik menunjukkan nilai sebesar 90,10% untuk peserta didik sedangkan untuk guru menunjukkan nilai sebesar 85,71% yang masuk dalam kategori sangat praktis. Untuk yang terakhir menggunakan uji keefektifan menggunakan Uji N-Gain yang digunakan untuk mengukur seberapa efektif perlakuan yang diberikan. Hasil N-Gain untuk hasil belajar ranah kognitif mendapatkan skor N-Gain sebesar 0,71 berada pada kriteria tinggi. Artinya, media pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Untuk membedakan nilai rata-rata pretest dan postest di uji menggunakan Paired Sampel T-Test. Mendapatkan nilai 0,000, hasil tersebut terdapat pada perbedaan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran atau sebagai acuan dalam pengembangan media pembelajaran pada elemen pembelajaran lain. Pada ranah psikomotorik, peserta didik mampu menyusun dan menguji rangkaian training kit Basic Motor Starter Packs, Dol, And Speed Drive dengan benar dan sesuai prosedur. Peserta didik memperoleh nilai ≥ 80, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan psikomotorik peserta didik telah mencapai KKTP.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...