Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 15 No. 01 (2026): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (April 2026)

PERBEDAAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DIBANDINGKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Faris, Mohammad Aksal Tamafila (Unknown)
Joko, Joko (Unknown)
Haryudo, Subuh Isnur (Unknown)
Achmad, Fendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Setiap peserta didik di SMK memiliki potensi untuk berkembang, terutama jika didukung oleh model pembelajaran yang tepat. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kompetensi peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada elemen Instalasi Penerangan Listrik di SMK Muhammadiyah 3 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI TITL A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TITL B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pretest dan posttest (kompetensi kognitif), lembar observasi sikap (afektif), dan lembar penilaian praktik (psikomotorik). Hasil analisis data menunjukkan bahwa N-Gain untuk kompetensi kognitif kelas eksperimen 0,7474 berada dalam kategori tinggi dan kelas kontrol 0,6089 berada dalam kategori sedang. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,05 pada ketiga aspek kompetensi, yang berarti terdapat perbedaan signifikan kompetensi antara kelas eksperimen dan kontrol, rata-rata kompetensi kelas eksperimen lebih tinggi signifikan dibandingkan kelas kontrol. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan kompetensi peserta didik secara menyeluruh. Temuan ini memberikan rekomendasi agar model pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan secara lebih luas di SMK untuk menghasilkan lulusan yang lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...