Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 15 No. 03 (2026): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Desember 2026)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PHET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X TITL PADA ELEMEN DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA DI SMKS SEMEN GRESIK

Putra, Rifki Andhika Aditya (Unknown)
Rijanto, Tri (Unknown)
Endryansyah, Endryansyah (Unknown)
Fransisca, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran yang ideal merupakan pembelajaran yang interaktif dan berbasis teknologi, di mana media pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media pembelajaran PhET berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan psikomotorik peserta didik kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) pada elemen dasar listrik elektronika di SMKS Semen Gresik, serta bagaimana respon siswa terhadap media tersebut. Penelitian menggunakan desain quasi-eksperimen one-group pretest-posttest. Subjek penelitian 22 siswa kelas X TITL SMKS Semen Gresik. Instrumen yang dipakai meliputi tes kemampuan berpikir kritis (pretest-posttest), lembar observasi psikomotorik, dan angket respon siswa. Validitas instrumen dinyatakan “valid” hingga “sangat valid” berdasarkan penilaian ahli (79–83 %). Analisis data dimulai dengan uji normalitas Shapiro-Wilk yang menunjukkan data kognitif (p = 0,299) dan psikomotorik (p = 0,408) terdistribusi normal. Uji paired sample t-test memperlihatkan signifikansi p = 0,000 untuk kedua aspek, sehingga terdapat peningkatan signifikan antara pretest dan posttest. Analisis efektivitas melalui nilai N-gain rata-rata 0,7 mengindikasikan kategori tinggi untuk aspek kognitif maupun psikomotorik. Rata-rata skor berpikir kritis meningkat dari 66,55 (pretest) menjadi 86,55 (posttest), dan psikomotorik dari 61,72 menjadi 89,54. Respon peserta didik pada angket menunjukkan rata-rata 75 % pada kategori baik hingga sangat baik, menandakan media PhET diterima positif oleh siswa. Dengan demikian, media pembelajaran PhET efektif dan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta keterampilan psikomotorik siswa pada materi dasar listrik elektronika di SMKS Semen Gresik. Hasil ini mendukung pemanfaatan simulasi interaktif sebagai alternatif pembelajaran yang lebih menarik dan mendorong partisipasi aktif siswa.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...