Jurnal Pustaka Dianmas
Vol 5, No 1 (2025)

Pelatihan Storytelling dalam Iklan Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Sepatu Lukis UTAPESPAINT Malang

Tripalupi, Merry Fridha (Unknown)
Aldino, Pravinska (Unknown)
Engelbert, Sheron Mariana Alezandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sebuah daerah. Akan tetapi pada pelaksanaannya masih banyak masalah yang dihadapi oleh UMKM terkait dengan pemasaran. Di era digital semestinya UMKM dapat memanfaatkan berbagai media digital sebagai media berpromosi sehingga dapat meningkatkan daya saing ditengah persaingan usaha yang semakin ketat namun masih banyak kendala yang dialami. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan membuat iklan di media sosial dengan storytelling agar UMKM sepatu lukis UTAPESPAINT Malang dapat mengembangkan narasi yang kuat sehingga dapat menyampaikan pesan emosional sebagai bentuk komunikasi kepada konsumen. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi observasi awal, penyusunan materi pelatihan, pemberian materi komunikasi pemasaran, dasar periklanan dan praktik langsung pembuatan iklan story telling dan dilanjutkan dengan evaluasi. Dari kegiatan yang dilakukan, menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap pentingnya komunikasi pemasaran, konsep iklan dengan storytelling, serta bertambahnya kemampuan peserta dalam membuat konten iklan digital dengan story telling di media sosial. Pelatihan ini berimplikasi positif pada UMKM sepatu lukis UTAPESPAINT Malang dan menjadi titik balik penguatan brand image usaha lokal agar lebih kompetitif di pasar digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dianmas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pustaka Dianmas an open source journal, published by Faculty of Communication Science, University of Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta to accommodate the results of research and community service activities carried out by researchers from various universities / research institutions. This ...