Industri pariwisata berpotensi untuk merevolusi banyak bidang ekonomi lokal dengan mengubah pandangan dan cara berpikir masyarakat. Ada banyak potensi yang belum dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata di berbagai tempat wisata Indonesia yang menawan dan beragam. Pengembangan desa wisata dalam hal tata kelola kelembagaan dan inovasi produk yang melibatkan seluruh masyarakat lokal dengan rencana strategi BUMDes untuk memaksimalkan potensi Desa Wisata merupakan langkah penting menuju pencapaian pariwisata berkelanjutan, yang pada gilirannya memerlukan pendekatan holistik dengan melibatkan badan usaha milik desa (BUMDes) untuk memperkuat potensi desa itu sendiri. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui seminar dan diskusi kelompok di mana semua peserta berpartisipasi aktif. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Garut pada tahun akademik 2024/2025 di Desa Wisata Ranbidango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, pengelolaan kelembagaan BUMDes dan inovasi produk UMKM di desa wisata sangat penting untuk pengembangannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, yakni kesejahteraan masyarakat desa, diperlukan kerja sama dan strategi yang matang. Kata Kunci : Inovasi Produk, Tata Kelola, Renstra
Copyrights © 2025