AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 5 No. 1 (2024): AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA QUR’AN METODE UMMI PADA SISWA DI SD LUKMAN HAKIM KABUPATEN JEMBER

Mahfuda, Ahmad Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran baca Al-Qur’an dengan metode Ummi pada siswa SD Lukman Hakim Kabupaten Jember. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan dasar yang menekankan pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an, hafalan, serta dasar-dasar ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode Ummi berlangsung secara bertahap mulai dari Pra-Ummi hingga Pasca-Ummi, dan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an secara tartil. (2) Metode Ummi terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang terstruktur dan menumbuhkan motivasi internal siswa untuk mengamalkan ajaran Islam. (3) Anak-anak usia 11–13 tahun menunjukkan perkembangan signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an seiring dengan pendekatan yang digunakan. Secara keseluruhan, penggunaan metode Ummi di SD Lukman Hakim berkontribusi positif terhadap mutu pembelajaran Al-Qur’an dan karakter religius siswa. This study aims to analyze the implementation of Quran reading instruction using the Ummi method at SD Lukman Hakim, Jember Regency. The school emphasizes Quran literacy, memorization, and Islamic foundational teachings. A qualitative approach was employed through observation, interviews, and documentation. The findings show: (1) The Ummi method is implemented gradually, from Pre-Ummi to Post-Ummi stages, enhancing students’ tartil reading skills. (2) The method effectively structures the learning process and fosters students’ motivation to practice Islamic teachings. (3) Students aged 11–13 demonstrated significant progress in Quran reading ability due to the method’s structured approach. Overall, the Ummi method positively contributes to the quality of Quranic learning and students’ religious character.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

adabiyah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam is a peer-reviewed journal on Islamic education published by Faculty of Education and Teacher Training, Islamic State University of Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. This journal focuses on advancing the science of Islamic Education through high-quality ...