Penelitian ini bertujuan menganalisis keunggulan kurikulum dan program di SMA Nurul Fikri Boarding School (NFBS) Serang Banten. Latar belakangnya adalah pentingnya pendidikan sebagai fondasi bangsa dan karakteristik sekolah swasta yang lebih fokus pada siswa individual serta integrasi kurikulum agama. Masalah yang diangkat adalah identifikasi keunggulan kurikulum dan program NFBS dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan pada 24 April 2025 di SMA Nurul Fikri Boarding School Cinangka, Serang Banten. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasilnya, NFBS mengimplementasikan kurikulum nasional, JSIT, serta kurikulum khusus Bahasa Inggris dan Arab berbasis Pearson IVIR, dengan fokus pada pembangunan karakter dan keterampilan berpikir kritis. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah diferensiasi konten, proses, dan produk. Sekolah ini memiliki program unggulan seperti pengembangan kepemimpinan, persiapan perguruan tinggi, gerakan literasi, riset, Base Math, kurikulum karakter, dan life skill, serta berbagai ekstrakurikuler.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025