Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5–6 tahun di RA As-Sa’diyah Desa Sawangan, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen. Bahasa merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang sangat dipengaruhi oleh stimulus lingkungan, terutama dari orang tua sebagai pendidik pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai pendidik, fasilitator, dan motivator dalam mendukung kemampuan bahasa anak. Strategi yang digunakan meliputi membacakan cerita, membatasi penggunaan gawai, serta membiasakan anak berinteraksi di lingkungan sosial. Dukungan lembaga seperti parenting, pertemuan wali murid, dan kegiatan rumah juga memperkuat keterlibatan orang tua. Faktor pendukung meliputi kedekatan emosional dan ketersediaan media belajar, sedangkan faktor penghambat di antaranya adalah keterbatasan waktu dan literasi orang tua. Kesimpulannya, keterlibatan aktif orang tua sangat berpengaruh dalam mempercepat dan memperkuat perkembangan bahasa anak secara optimal.
Copyrights © 2025