JOURNAL OF PHYSICAL EDUCATION, HEALTH AND SPORTS RECREATION
Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Physical Education, Health and Sports Recreation

PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA SE KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2024/2025

Naibaho, Chevin Romualdo (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Terhadap Kurikulum Merdeka di SMA se Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini persepsi diartikan sebagai pandangan guru terhadap Kurikulum Merdeka yang saat ini menjadi kurikulum di Indonesia. Penelitain ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Simalungun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan total sampel berjumlah 36 guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan variabel persepsi dan kurikulum merdeka yang dilakukan menggunakan skala likert. Hasil analisis penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan Persepsi Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Terhadap Kurikulum Merdeka di SMA se Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2024/2025 dalam kategori sedang atau cukup baik, sebesar 0% (0) guru memiliki persepsi sangat rendah, 52,8% (19 guru) memiliki persepsi rendah, 19.4% (7 guru) memiliki persepsi sedang, 11,1% (4 guru) memiliki persepsi tinggi dan 16,70% (6 guru) memiliki persepsi sangat tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPEHSR

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Jurnal JPEHSR fokus pada hasil konseptual dan kebijakan di bidang pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi, manajemen olahrga, pendidikan olahraga dan sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian dan gagasan ...