Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas akhir semester 8 di Universitas Madura Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Publik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan Accidental sampling. Penelitian ini menunjukkan Kompetensi Keterampilan Pegawai Dalam Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sampang dinilai dari dimensi kecakapan, kepribadian, dan latihan. Berdasarkan dimensi kecakapan, pegawai sudah cukup cakap atau komunikatif karena pada point ini pegawai sudah menguasai dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Tetapi hal yang harus diperbaiki oleh pegawai/petugas cara merespon keluhan masyarakat dengan lebih cepat. Berdasarkan dimensi kepribadian, pegawai sangat ramah, sopan dan tenang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan dimensi pelatihan, pegawai/petugas sudah mendapatkan pelatihan serta bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Copyrights © 2025