CONSISTAN : Jurnal Tadris Matematika
Vol 3 No 01 (2025): Consistan : Jurnal Tadris Matematika

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Trigonometri

lutfiana, fina (Unknown)
Fitri Handayani, Ucik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Kemampuan Pemahaman konsep merupakan salah satu keterampilan atau kemampuan matematika. Hal ini diharapkan dalam pembelajaran yaitu dengan menunjukkan pemahaman konsep matematika yang dipelajari, menjelaskan hubungan antar konsep, dan menerapkan konsep atau algoritma secara fleksibel, akurat, efisien dan tepat dalam menyelesaikan masalah. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan subjeknya adalah siswa kelas XI IPA MA Raudlatul Ulum Putri yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dignakan yakni tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mempunyai pemahaman yang sedang terhadap konsep materi trigonometri. Siswa kategori sedang dapat memenuhi tiga indikator kemampuan pemahaman konsep matematis sesuai dengan kemampuannya. Siswa kategori rendah hanya dapat memenuhi satu indikator kemampuan pemahaman konsep matematis sesuai dengan kemampuannya. Disarankan agar siswa terlibat secara aktif selama proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CONSISTAN

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Consistan, Jurnal Tadris Matematika, sebuah jurnal internasional elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel review dari pakar yang diundang, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini dirancang dan dikhususkan tidak hanya ...