Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui kemampuan keterampilan gerak lokomotor pada anak usia 7-8 tahun di SDN 161 Pekanbaru. Subyek yang terlibat dalam penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas 1 yang berusia 6-7 tahun yang berjumlah 28 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kegiatan observasi terhadap gerakan dasar siswa. Instrumen yang digunakan adalah format penilaian gerak dasar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. yang mana menggunakan metode survey dan teknik pengumpulan data yang menggunakan tes dan pengamatan.Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan gerak dasar lokomotor: kategori di atas rata-rata berjumlah 8 orang relatif 28,57% , kategori tinggi berjumlah 9 orang relatif 32,14%,dan masih banyak siswa masuk dalam kategori rata-rata dengan jumlah siswa 11 orang relatif 39,28%.
Copyrights © 2025