Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP BERKEBHINEKAAN GLOBAL: VALIDITAS DAN RELIABILITAS

Setiawan, Indra (Unknown)
Wiyarsi, Antuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

 Informasi Jurnal Kata Kunci:                Angket, Berkebhinekaan global, Kurikulum Merdeka AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap berkebhinekaan global, khususnya terkait dengan penentuan aspek-aspek sikap berkebhinekaan global yang dapat digunakan sebagai dasar dalam merumuskan indikator-indikator motivasi belajar tersebut. Adapun aspek-aspek motivasi belajar yang digunakan sebagai dasar dalam pengembangan instrumen motivasi tersebut, meliputi: mengenal budaya, menghargai budaya, interaksi antar buadya, refleksi terhadap kebhinekaan. Berdasarkan keempat aspek motivasi tersebut, selanjutnya dirumuskan indikator-indikator sikap berkebhinekaan global. Akhirnya, indikator-indikator itulah yang dipakai sebagai dasar untuk merumuskan butir-butir pernyataan dalam suatu angket sebagai instrumen untuk mengukur sikap berkebhinekaan global. Instrumen sikap berkebhinekaan global tersebut berupa angket dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil pengujian, ternyata instrumen motivasi belajar fisika yang dikembangkan ini terdapat 30 pernyataan valid yang dikembangkan. Sedangkan, derajat reliabilitasnya tergolong tinggi, yaitu dengan ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,781.Keyword:Questionnaire, Global Diversity, Kurikulum MerdekaAbstractThis study aims to develop a global diversity attitude assessment instrument, especially related to determining aspects of global diversity attitudes that can be used as the basis for formulating indicators of learning motivation. The aspects of learning motivation used as the basis for the development of the motivation instrument include: recognizing culture, appreciating culture, interaction between cultures, reflection on diversity. Based on these four aspects of motivation, indicators of global diversity attitudes were formulated. Finally, these indicators are used as the basis for formulating statement items in a questionnaire as an instrument to measure global diversity attitudes. The global diversity attitude instrument is a questionnaire using a Likert scale. Based on the test results, it turns out that the developed physics learning motivation instrument has 30 valid statements developed. Meanwhile, the degree of reliability is high, which is indicated by the correlation coefficient value of 0.781.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpku

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah ...