Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tren tentang perkembangan riset Advesity Quetient (AQ) dan keterampilan dalam memecahkan masalah saat belajar matematika. Penelitian ini mengguakan metode SRL (Sistematic Literatur Review) dengan memakai pendekatan bibliometrik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan perangkat lunak Publish or Perish untuk mencari berbagai artikel jurnal yang terdapat di Google Scholar. Kemudian dipilih sebanyak 100 artikel jurnal yang dipublikasikan antara tahun 2016 sampai tahun 2025. Selanjutnya data dianalisis dan divisualisasikan menggunakan perangkat lunak VosViewer untuk mengidentifikasi pola hubungan antara adversity quetiet dan keterampilan pemecahan masalah yang diselidiki. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan publikasi tentang topik tersebut. Ini menunjukkan meningkatnya minat terhadap pengaruh AQ berkaitan terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan masalah matematika. Sebagian besar temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang AQ nya tinggi memiliki keterampilan yang lebih tinggi untuk menyelesaikan masalah matematika dibandingkan dengan siswa dengan AQ rendah. Studi ini memberikan wawasan komprehensif tentang arah penelitian dan fokus penelitian yang terkait dengan faktor psikologis non-kognitif dalam pendidikan matematika.
Copyrights © 2025