Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mathematical habits of mind terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMPN 210 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 210 Jakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan jumlah sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa. Data mathematical habits of mind diperoleh dengan menyebarkan angket dan data pemahaman konsep matematika dengan menyebarkan soal uraian. Uji persyaratan dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas. Pada uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal dan pada uji linearitas data berpola linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mathematical habits of mind (X) mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika (Y) dengan persamaan regresinya adalah dan Fhitung> Ftabel. Selain itu, peneliti mendapatkan nilai koefisien determinasi yaitu sebesar 64%. Hal ini menunjukkan bahwa mathematical habits of mind mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa sebesar 64% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025