Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi penerapan pendekatan STEAM yang berorientasi pada Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran hidrokarbon di SMA Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 40 guru Kimia sebagai responden. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89% guru telah mengenal pendekatan STEAM, 65% telah menerapkannya dalam pembelajaran hidrokarbon, dan 90% meyakini bahwa pendekatan STEAM mampu meningkatkan kreativitas siswa. Selain itu, 79% guru merasa bahwa pengintegrasian ESD dalam STEAM efektif untuk menanamkan sikap positif serta meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa STEAM berorientasi ESD memiliki potensi yang signifikan untuk dikembangkan lebih lanjut dalam pembelajaran hidrokarbon guna meningkatkan kreativitas siswa serta kesadaran mereka terhadap prinsip pembangunan berkelanjutan.
Copyrights © 2025