Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Modernisasi Pendidikan Islam Indonesia: Pengalaman Nahdlatul Ulama

Hidayat, Azmar (Unknown)
Fahmi, Khairul (Unknown)
Anwar, Khairul (Unknown)
Ananda, Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi menuntut adanya perubahan dalam sistem pendidikan, termasuk pendidikan Islam, agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. Modernisasi pendidikan Islam di Indonesia merupakan sebuah tantangan yang memerlukan keseimbangan antara pelestarian nilai-nilai tradisional Islam dan kebutuhan untuk merespons perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peran Nahdlatul Ulama (NU) dalam proses modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan content analysis (analisis isi). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: identifikasi sumber, penelusuran sumber, pengumpulan dokumen. Sedangkan teknik analisis data mengikuti Winner dan Dominick dengan langkah-langkah: reduksi data, kategorisasi data, interpretasi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NU berhasil mempertahankan nilai-nilai keislaman tradisional dalam lembaga pendidikannya, sembari secara bertahap mengadopsi unsur-unsur modernisasi. Namun, tantangan tetap ada, terutama dalam hal resistensi dari beberapa kelompok konservatif dan keterbatasan akses terhadap teknologi di wilayah pedesaan. Dapat disimpulkan bahwa modernisasi pendidikan Islam oleh NU menawarkan model yang seimbang antara tradisi dan inovasi, yang relevan untuk dijadikan rujukan bagi institusi pendidikan Islam lainnya di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...