Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Pengaruh Kesadaran Diri, Kestabilan Emosi, dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah

Fatimah, Anisha Nurul (Unknown)
Shohib, Muhammad Wildan (Unknown)
Chehdimae, Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo menjadi perhatian karena masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam mempertahankan semangat belajar. Beberapa faktor yang diduga memengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa antara lain kurangnya kesadaran diri dalam mengelola waktu dan tanggung jawab belajar, kestabilan emosi yang berpengaruh terhadap fokus akademik, serta lingkungan belajar yang belum sepenuhnya kondusif. Kepribadian siswa, terutama dalam hal kesadaran diri dan kestabilan emosi, memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana mereka menghadapi tantangan akademik. Selain itu, lingkungan belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah, dapat memengaruhi motivasi siswa mencapai hasil akademik yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kesadaran diri, kestabilan emosi, serta lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo. Metode pada kajian ini yakni survei kuantitatif, melalui pengumpulan data dengan angket yang melibatkan 200 siswa. Analisis data menggunakan Smart PLS menunjukkan bahwa kesadaran diri, kestabilan emosi, dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi belajar siswa. Temuan ini menekankan bahwa faktor internal, seperti kesadaran diri dan kestabilan emosi, serta faktor eksternal, seperti lingkungan belajar, sangat memengaruhi motivasi belajar siswa. Oleh karenanya, temuan kajian ini mendeskripsikan pentingnya pengembangan kedua faktor tersebut dan menyarankan agar lebih banyak perhatian diberikan pada aspek-aspek tersebut untuk memaksimalkan potensi siswa dalam proses belajar dan pencapaian akademik mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...