Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 3 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: Juli

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Tutun Usman, Asep (Unknown)
Fatonah, Nurul (Unknown)
Selma Triani, Selma Triani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya motivasi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun, kenyataannya motivasi belajar peserta didik cenderung mengalami penurunan, sehingga menghambat dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu faktor rendahnya motivasi belajar yaitu ketidakhadiran media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis aplikasi Canva diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest Posttest. Teknik penggambilan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva pada mata pelajaran bahasa Indonesia berlangsung dengan sangat baik, motivasi belajar setelah diterapkan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva sebesar 92% dengan kriteria sangat baik, hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata 0,8858 dengan kategori tinggi. Hasil uji t dan uji N-Gain menegaskan bahwa penerapan media Canva memberikan dampak positif yang tinggi terhadap peningkatan motivasi peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...