Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara
Vol. 1 No. 4 (2025): Menulis - April

Pengembangan Multimedia Interaktif Pitakal (Pintar Perkalian) pada Materi Perkalian Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Oktaviola Bunga Nadila (Unknown)
Kharisma Eka Putri (Unknown)
Aan Nurfahrudianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, ditemukan permasalahan yaitu kurangnya pemahaman siswa pada materi perkalian. Hal ini dilatarbelakangi oleh guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, latihan, tugas dan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku teks pelajaran.Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang tertarik, mudah bosan,kurang aktif. Sehingga perlu dikembangkan media untuk menunjang proses pembelajaran agar dapat membantu meningkatkat hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Untuk mengetahui validitas media pembelajaran PITAKAL (Pintar Perkalian) pada materi perkalian siswa kelas III sekolah dasar. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran PITAKAL (Pintar Perkalian) pada materi perkalian siswa kelas III sekolah dasar. (3) Untuk mengetahui efektivitas Media Pembelajaran PITAKAL (Pintar Perkalian) pada materi perkalian siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 tahapan yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sonopatik berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Lokasi Penelitian ini di SDN Sonopatik. Hasil validasi media dengan presentase 88% dan hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase 87,5% diperoleh rata-rata dari kedua hasil validasi ahli tersebut adalah 87,75% dengan kriteria sangat valid. Hasil pengisian angket respon guru memperoleh presentase 98% dan pengisian angket respon siswa mendapatkan presentase 92,66% diperoleh rata-rata dari kedua respon tersebut adalah 95,33% dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan yang dilakukan menggunakan instrumen soal post-test memperoleh nilai rata-rata 87,66% dengan presentase ketuntasan siswa 100% dengan kriteria sangat efektif. Kesimpulannya dari hasil uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan diatas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Pitkal (Pintar Perkalian) dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

menulis

Publisher

Subject

Other

Description

Menulis : Jurnal Penelitian Nusantara adalah jurnal multidisiplin yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang relevan dalam berbagai bidang ilmu, baik ilmu sosial, humaniora, sains, teknologi, hingga kajian budaya Nusantara. Jurnal ini menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan ...