Pendidikan memegang peranan vital dalam membentuk generasi berakhlak dan berwawasan luas. Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan menjadi titik tolak penting dalam reformasi pendidikan Islam karena mengintegrasikan nilai keislaman dan ilmu pengetahuan umum secara seimbang. Penelitian ini bertujuan menelaah secara mendalam konsep pendidikan beliau dalam membentuk generasi cerdas beriman, menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka dari literatur sejarah dan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beliau menerapkan sistem kelas, kurikulum terpadu, serta pendekatan kontekstual dalam pengajaran, seperti penerapan QS. Al-Ma’un yang tidak hanya dihafal tetapi diamalkan dalam bentuk kepedulian sosial. Pendidikan menurut beliau tidak hanya mencerdaskan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral, nasionalisme, dan tanggung jawab sosial. Kesimpulannya, pemikiran K.H. Ahmad Dahlan masih sangat relevan dalam membangun sistem pendidikan Islam yang progresif dan kontekstual di era modern.
Copyrights © 2025