Krisis moral yang semakin meluas dari generasi muda membutuhkan pengembangan sistem pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek intelektual tetapi juga pada kepemimpinan moral. Al-Qur'an, sebagai sumber utama pengajaran Islam, berisi nilai-nilai moral universal yang dapat digunakan sebagai dasar untuk desain pendidikan karakter utuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji puisi tentang tema Quran (Maudhu'i) yang terkait dengan pendidikan moral dan untuk memberikan strategi implementasi untuk mengintegrasikannya ke dalam kurikulum pendidikan Islam. Ini termasuk prinsip dan metode pendidikan moral, termasuk QS. Bagian Al-Hujurat 9–13 menekankan pentingnya keadilan sosial dan penghargaan timbal balik, QS. Luqman, ayat 12-19, termasuk saran etis dari generasi muda dan QS. Ali Imran Poems 159–160. Ini menyoroti nilai kebaikan dan pertimbangan dalam kepemimpinan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Al -Quran tidak hanya mendefinisikan norma -norma etis, tetapi juga memberikan pendekatan pendidikan seperti model pengenalan, saran dan memberikan narasi sebagai cara menginternalisasi nilai -nilai. Nilai-nilai seperti integritas (shiddiq), tanggung jawab (tugas), pengendalian diri ("iffah), keadilan, toleransi Ini terkait dengan desain kepribadian siswa modern. Oleh karena itu, pendidikan moral berbasis Quran tidak hanya berfungsi sebagai wacana normatif, tetapi juga sebagai solusi yang berlaku untuk mempromosikan generasi atasan superior, sosial dan intelektual.
Copyrights © 2025