Isu akademik peserta didik setiap saat selalu menjadi kepentingan pemerintah dan guru, metode dan desain pembelajaran yang berbeda Isu akademik siswa selalu menjadi kepentingan pemerintah dan guru, untuk meningkatkan prestasi akademik dan hasil belajar peserta didik berbagai metode dan desain pembelajaran. Penelitian mengkaji hubungan antara kebugaran jasmani dengan hasil belajar pada belajar siswa. Jumlah sampel 28 dipilih dari populasi sebanyak 28 orang. Kami menggunakan teknik pengambilan sampel yang disengaja untuk meningkatkan kinerja akademik dan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengkaji tentang hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar siswa. Jumlah sampel 28 dipilih dari populasi hingga 28 dengan menggunakan teknik purposive sampling Metode pengumpulan data menggunakan tiga instrumen tes bakat jasmani dan hasil belajar diperoleh dari hasil subtes. Teknik analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk satu sampel dan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi pada tes kebugaran jasmani adalah 23, skor tersebut termasuk dalam kategori “sangat baik”, dan skor terendah adalah 9, artinya masih dalam kategori “kurang”, nilai rata-rata belajar siswa tertinggi adalah 94,00 dan nilai rata-rata terendah adalah 84,30. Sedangkan analisis korelasi didapatkan nilai (r) 0,301 dengan tingkat probabilitas (0,005) < 0. 05sehingga terdapat hubungan yang signifikan antar kedua variable. Dari hasil analisis diketahui bahwa terdapat hubungan antara tingkat kebugaran jasmani dengan hasil belajar siswa, dan semakin baik kondisi fisik maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025