Ketidaklengkapan administrasi pelayanan pasien sering kali disebabkan oleh sistem pelayanan yang belum berjalan dengan baik. Hal ini berdampak pada proses layanan yang dapat memperlambat pekerjaan, salah satunya pada pelayanan administrasi pasien jkn rawat inap di Rumah Sakit X Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sistem pelayanan administrasi pasien jaminan kesehatan nasional (JKN) rawat inap di Rumah Sakit X Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan obserasi dan wawancara mendalam kepada informan. Cara pengumpulan data dilakukan dengan cara menanyakan pada setiap informan yaitu staf Rumah Sakit X Kabupaten Tangerang dan memastikan dengan benar bahwa pasien tersebut adalah benar sesuai dengan kriteria responden penelitian. Hasil penelitian ini diantaranya pelayanan melibatkan tenaga kesehatan yang cukup dan terlatih, prosedur operasional yang sesuai, serta sarana-prasarana dan teknologi informasi yang mendukung. Pelaksanaan administrasi mulai dari pendaftaran hingga klaim berjalan terstruktur dengan sistem HINAI yang terintegrasi. Pengawasan dilakukan untuk memastikan kelengkapan berkas, meskipun ada kendala seperti jaringan komputer dan kelalaian dalam pengisian berkas medis. Peneliti menyimpulkan bahwa Rumah Sakit X Kabupaten Tangerang telah menyediakan layanan medis dan pelayanan administrasi yang lengkap dengan panduan yang jelas, mengikuti prosedur dan pedoman yang ditetapkan hanya saja masih terdapat kendala pada jaringan komputer yang memperlambat proses juga ditemukan kendala pada kelengkapan berkas yang disebabkan oleh kelalaian petugas yang belum mengupload sesuai dengan sistem.
Copyrights © 2025