Lubricating Oil purifier diatas kapal merupakan salah satu mesin bantu yang berperanan sangat penting untuk memisahkan minyak lumas dari air dan kotoran. Kegunaan dari minyak lumas yang sudah bersih ini adalah untuk mendukung pengopersian dari mesin induk dalam melumasi bagian-bagian yang bergerak. Dalam kegiatan ini lubricating oil purifier ini sangat dibutuhkan dan berperan penting untuk mensuplay minyak lumas untuk permesinan lain di atas kapal yang membutuhkan minyak lumas untuk pelumasan. Sistem kerja lubricating oil purifier secara garis besar dapat digambarkan dengan singkat yaitu minyak lumas yang berawal dari sumptank yang selanjutnya di pompa munggunakan feed pump menuju ke heater untuk memanaskan minyak lumas tersebut sesuai dengan suhu tertentu, kemudian minyak lumas baru menuju ke service tank dan siap untuk masuk ke tiap-tiap cylinder melalui beberapa proses. Berdasarkan uraian di atas penulis merencanakan melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui faktor penyebab kurang optimalnya kinerja lubricating oil purifier kapal dan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk menangani kinerja lubricating oil purifier. Metode yang dipakai adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data penelitian kemudian dinalisis menggunakan Root Cause Analysis (RCA) yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis akar penyebab dari suatu masalah atau kejadian yang tidak diinginkan. Lubricating Oil purifier on board is one of the auxiliary machines that plays a very important role in separating lubricating oil from water and dirt. The use of this clean lubricating oil is to support the operation of the master engine in lubricating moving parts. In this activity, lubricating oil purifiers are needed and play an important role in supplying lubricating oil for other machinery on board that require lubricating oil for lubrication. The working system of lubricating oil purifier can be described in a nutshell, namely lubricating oil that starts from the sumptank which then in the pump uses the feed pump to heat the lubricating oil according to a certain temperature, then the new lubricating oil goes to the service tank and is ready to enter each cylinder through several processes. Based on the description above, the author plans to conduct a study with the aim of finding out the factors that cause the suboptimal performance of the lubricating oil purifier ship and to find out how efforts can be made to handle the performance of lubricating oil purifiers. The method used is qualitative descriptive with data sources in the form of observations, interviews, documentation, and literature studies. The research data is then analyzed using Root Cause Analysis (RCA) which is used to identify and analyze the root cause of an unwanted problem or event.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025