Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dan Project Based Learning. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematis siswa akibat metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Yayasan Perguruan Amaliyah yang berjumlah 231 siswa. Sampel ditentukan secara cluster random sampling, yaitu kelas VIII-E (PBL) dan VIII-F (PjBL). Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua model pembelajaran, dengan nilai t-hitung = 2,720 > t-tabel = 2,001. Rata-rata nilai post-test siswa pada kelas PBL sebesar 71,129 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas PjBL sebesar 65,966. Dengan demikian, model Problem Based Learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan dengan Project Based Learning. ABSTRACT The background of this research is the low understanding of mathematical concepts of students due to conventional learning methods that do not involve students actively. This study used a quantitative approach with quasi-experimental method and post-test only control group design. The population in this study were all VIII grade students of MTs Yayasan Perguruan Amaliyah which amounted to 231 students. The sample was determined by cluster random sampling, namely class VIII-E (PBL) and VIII-F (PjBL). The results of the analysis showed a significant difference between the two learning models, with the value of tcount = 2.720 > ttable = 2.001. The average post-test score of students in the PBL class of 71.129 is higher than the PjBL class of 65.966. Thus, the Problem Based Learning model is more effective in improving students' mathematical concept understanding ability compared to Project Based Learning.
Copyrights © 2025